Apa itu Motion Graphic?

teknologi digital
Posted by: Agung Category: Artikel Comments: 0

Seiring berkembangnya teknologi digital yang semakin pesat, salah satunya adalah “Motion Graphic”. Walaupun sebenarnya motion graphic bukanlah hal baru di dunia digital. Dalam perkembangannya saat ini, peran motion graphic sangatlah penting baik di internet atau dunia broadcast seperti televisi. Kenapa sangat penting? Karena motion graphic ini dapat membuat program acara televisi, iklan komersial, dan para content creator youtube terlihat jauh lebih kreatif dan menarik untuk ditonton. Bahkan digunakan perusahaan-perusahaan untuk membuat company profile.

Lalu apa sih Motion Graphic itu? Motion Graphic sendiri terdiri dari 2 suku kata, Motion yang berarti Gerak dan Graphic yang biasa dikenal dengan istilah Grafis. Secara umum Motion Graphic ialah menggabungkan desain-desain berbasis media visual dengan memasukkan beberapa elemen-elemen berbeda, seperti animasi, film, ilustrasi, musik, photography, typography, dan videography.

Ada beberapa hal yang membedakan antara motion graphic dengan animasi dan infografis, yaitu:

  • Motion graphic memberikan sesuatu yang biasanya tidak ada, seperti latar belakang video explainer dan shape dalam presentasi. Sedangkan animasi menyampaikan cerita secara detail dengan karakter dan alur cerita.
  • Perbedaan antara motion graphic dan infografis ialah motion graphic menggunakan animasi sedangkan infografis menggunakan teks. Walau pada umumnya motion graphic juga dikombinasikan dengan audio dalam gaya grafis.

Sebutan “Motion Graphic” dipopulerkan oleh Trish dan buku Chris Meyer yang berjudul “Menciptakan Motion Graphics”, berisi tentang menggunakan aplikasi Adobe After Effects. Buku tersebut berisi tentang menggunakan software Adobe After Effects, aplikasi desktop yang dikhususkan untuk produksi video.

Bisa digunakan untuk apa saja motion graphic itu?

Motion graphic dapat digunakan dalam berbagai macam jenis dan tujuan, misalnya:

  • Konten media sosial
    Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan media sosial seperti mencari informasi, sekedar hiburan, dan lain-lain. Konten-konten tersebut akan lebih menarik banyak orang ketika ditambahkan motion graphic.
  • Storytelling (Menceritakan sebuah cerita)
    Dalam storytelling, motion graphic memiliki peran penting. Seorang motion designer dapat menggunakan kreativitasnya dalam menceritakan sebuah cerita secara dinamis dan dibumbui dengan efek-efek animasi.
  • Video brand
    Kini banyak perusahaan yang menggunakan motion graphic dalam melakukan branding. Tidak hanya itu, namun digunakan juga untuk membuat logo dan iklan produk.
  • Video instruksional
    Video instruksional akan lebih efektif serta mudah diingat, bila dibuat menggunakan motion graphic. Para audiens pun akan lebih mudah memahami informasi yang disampaikan.
  • Video klip
    Di dunia hiburan, motion graphic sering diimplementasikan dalam pembuatan video klip. Contoh seperti dalam pengantar judul atau intro.
  • Video penjelasan
    Video yang berisi penjelasan tentang konsep atau ide tertentu juga memanfaatkan motion graphic di dalamnya. Contoh video penjelasan seperti tutorial dan visualisasi data.

Apa saja software untuk motion graphic?

Berikut adalah beberapa software popular untuk membuat motion graphic, yaitu:

  • Adobe After Effect
    Software milik Adobe Inc. ini merupakan yang paling populer di kalangan motion graphic designer. Gunanya Adobe After Effect untuk melakukan komposisi objek dan memberi efek animasi pada setiap adegan atau sequence yang dibuat. Fiturnya yang sangat lengkap dan penggunaan yang mudah, bisa dibilang software ini menjadi pilihan yang tepat untuk pemula.
  • Adobe Ilustrator
    Selain Adobe After Effect, software ini juga menjadi salah satu yang populer untuk motion graphic yaitu Adobe Ilustrator. Adobe Ilustrator atau biasa dikenal dengan AI, berguna untuk membuat animasi dari pecahan vektor dengan cepat dan mudah. Selain itu, vektor tersebut dapat diubah untuk motion tweening (cara membuat gerakan dengan membuat bingkai pada objek dari satu titik ke titik lainnya).
  • Adobe Photoshop
    Bagi kebanyakan orang, Adobe Photoshop adalah software yang digunakan untuk edit foto. Namun, software ini berguna juga untuk membuat objek, membuat animasi grafis, bahkan dapat digunakan membuat storyboard.
  • Adobe Premiere
    Selain untuk edit video, Adobe Premiere juga digunakan untuk motion graphic. Perannya untuk cutting adegan dari file mentah, color grading, menyatukan adegan, serta menyatukan audio visual menjadi video.
  • Maxon Cinema 4D
    Software yang dikembangkan oleh Maxon Computer, banyak digunakan untuk membuat motion graphic. Terdapat banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti animating, texturing, lighting, rendering dan fitur lainnya. Cinema 4D memiliki empat macam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Cinema 4D ‘Prime’, Cinema 4D Broadcast, Cinema 4D Studi, dan Cinema 4D Visualize.

Dengan mengetahui berbagai manfaat dari motion graphic yang perannya begitu penting untuk banyak hal. Nah, Konsep Motion menyediakan jasa untuk pembuatan motion graphic juga loh. Konsep Motion juga sudah dipercaya dan bekerja sama dengan Pemerintahan, Perusahaan terkemuka, dan organisasi-organisasi lainnya. Untuk info lebih lengkapnya, yuk Kontak Kami! [klik di sini]

Share this post