5 Alasan Pentingnya Video Marketing Untuk Usaha Anda

turned on iMac and Apple Magic Keyboard and mouse on table
Posted by: Mario Category: Artikel Comments: 0

Saat ini banyak sekali bisnis yang menggunakan video marketing untuk mempromosikan usaha mereka. Salah satu alasannya adalah karena video bisa memberikan lebih banyak informasi dalam waktu singkat. Tidak aneh jika video-video di Youtube ditonton hingga 1 miliar jam setiap harinya.

Jika Anda ingin mengonversi bisnis Anda ke dalam bentuk digital, maka Anda harus paham kekuatan dari video marketing. Taktik pemasaran video yang baik bisa meningkatkan penjualan, kepopuleran brand, dan keterlibatan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Menurut Syndacast, 52% profesional pemasaran di seluruh dunia menyebut video sebagai jenis konten dengan ROI terbaik. Selain itu, hampir 50% pengguna internet mencari video yang terkait dengan produk atau layanan tertentu sebelum mengunjungi toko. Ada beberapa alasan lainnya kenapa Anda harus menggunakan video marketing dalam kampanya pemasaran bisnis Anda. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Mendidik pelanggan tentang produk dan layanan Anda.

Konten visual, seperti video, memberikan pengalaman yang jauh lebih menarik daripada konten tertulis. Alih-alih menulis tentang produk dan layanan Anda, tunjukkan kepada pelanggan cara kerjanya langsung melalui video demo produk.

Jika Anda memperkenalkan produk baru, gunakan video untuk menunjukkan kepada pelanggan cara kerjanya dan manfaat apa yang akan diberikannya. Menurut infografis yang diterbitkan oleh MultiVisionDigital, 64% pengguna lebih cenderung membeli produk secara online setelah menonton video.

Video juga dapat membantu Anda ‘memanusiakan’ bisnis Anda jika Anda memberi kisah yang menyenangkan kepada konsumen. Membuat video yang menceritakan bagaimana bisnis Anda terbentuk dan membagikan detail tentang apa yang Anda lakukan adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan orang pada perusahaan Anda dan memberi mereka pengalaman yang lebih intim. Video marketing adalah peluang besar untuk membangun merek Anda dengan menunjukkan budaya perusahaan Anda dan apa yang membedakan Anda dari bisnis lain seperti milik Anda.

2. Terlibat dengan pemirsa seluler.

Membuat video marketing yang dioptimalkan untuk seluler sangat penting di masa di mana lebih dari 90% konsumen menonton video di ponsel mereka. Dengan melakukan hal ini, Anda tidak hanya akan menunjukkan kepada pelanggan potensial aspek-aspek tertentu dari bisnis Anda, tetapi Anda juga menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatikan tren dan peduli dengan pengalaman mereka ketika mereka mengunjungi situs Anda.

Menurut Google, 53% pengguna smartphone lebih suka dengan perusahaan yang menyediakan konten video instruksional pada situs atau aplikasi resminya. Memiliki video yang dioptimalkan untuk seluler pada akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda dan, selanjutnya mengarah pada angka penjualan yang meningkat.

3. Tingkatkan peringkat pencarian Google Anda.

Salah satu bagian terbaik dari video marketing adalah manfaat yang dapat diberikannya untuk meningkatkan keberadaan bisnis Anda secara online. Video dapat meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pengguna di situs web Anda. Peningkatan ini memberi peringatan kepada Google bahwa situs Anda memiliki konten berkualitas. Hasilnya peringkat situs Anda juga akan meningkat dalam hasil pencarian Google.

Karena Google memiliki YouTube, Anda 53 kali lebih mungkin muncul di halaman 1 Google jika Anda memiliki video yang disematkan di situs web Anda. Namun, tidak cukup hanya memiliki video marketing. Pastikan judul, deskripsi, dan tag Anda kreatif dan berhubungan dengan konten di dalam video. Ini juga membantu untuk menambahkan backlink sehingga pelanggan yang tertarik dapat dengan mudah menemukan situs web Anda.

4. Tingkatkan rasio klik-tayang video marketing Anda dalam email.

Menampilkan video di email Anda dapat meningkatkan hasil dari kampanye email marketing Anda. Menyematkan video di email Anda dapat meningkatkan rasio klik-tayang sebesar 96%. Pelacakan video juga dapat membantu menentukan jenis konten apa yang harus ada dalam email Anda. Video-video ini tidak perlu panjang atau super informatif, tapi dapat menampilkan pesan sederhana yang menyoroti penjualan atau promosi bisnis Anda yang akan datang, atau bahkan hanya berterima kasih kepada pelanggan Anda yang telah menggunakan produk atau jasa Anda.

5. Menjangkau berbagai pelanggan.

Kebanyakan orang menikmati video, bahkan, sepertiga dari aktivitas online dihabiskan menontonnya. Tidak seperti saluran sosial yang umumnya paling sering digunakan oleh kelompok umur tertentu, video memungkinkan Anda untuk menjangkau semua audiens target Anda terlepas dari demografi. Video memberi sarana bagi usaha kecil untuk menyampaikan informasi dengan cara yang cepat dan personal. Dan semakin kreatif video marketing yang Anda buat, semakin besar kemungkinan video Anda akan dibagikan oleh pengguna dari demografi yang berbeda.

Share this post