Cara Membuat Video Explainer Dan Menghindari Kesalahan Dalam Pembuatannya

people standing inside room while man standing and holding recording camera during daytime
Posted by: Mario Category: Artikel Comments: 0

Video explainer adalah salah satu cara untuk menyampaikan pesan Anda kepada audiens Anda dengan cara yang singkat dan padat. Tapi apakah Anda tahu cara membuat video explainer dan menghindari kesalahan dalam proses pembuatannya?

Apa itu video explainer

People with smartphones at huge monitor background Free Vector

Sebelum membahas mengenai cara membuat video explainer lebih jauh, mari kita pelajari dulu apakah video explainer itu. Video explainer adalah sebuah video pemasaran daring yang digunakan untuk menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan Anda.

Video explainer biasanya ditempatkan di landing page, laman homepage, atau laman produk. Jenis video seperti ini sangat populer digunakan, terlebih karena video ini mampu meningkatkan konversi hingga 144%.

Jenis video explainer

Ada beberapa jenis video explainer yang bisa menjadi pilihan Anda untuk membuat video Anda sendiri.

  • Live action

Video explainer ini menjelaskan produk atau jasa yang Anda tawarkan tanpa menggunakan animasi. Video jenis ini biasanya paling bagus digunakan untuk perusahaan yang menjual produk fisik atau jasa yang berorientasi pada orang, seperti restoran atau jasa konsultasi.

Dengan menampilkan sosok manusia pada video explainer, Anda bisa menciptakan koneksi emosional bagi para penonton. Namun dengan memilih video jenis live-action ini Anda hanya bisa memanfaatkan apa yang ada di dunia nyata sebagai aset dalam video Anda.

  • Animasi

Video explainer ini sangat populer digunakan berbagai perusahaan. Animasi biasanya digunakan untuk menjelaskan jasa atau produk teknologi yang tidak memiliki bentuk fisik, misalnya perangkat lunak.

Video explainer animasi bisa memberikan lebih banyak kebebasan untuk menunjukkan kreativitas Anda. Bahkan jika Anda ingin melakukan beberapa perubahan, jenis video ini dapat diedit dengan lebih mudah.

  • Whiteboard

Video explainer ini di buat seperti saat Anda menggunakan papan tulis. Banyak perusahaan yang menggunakan jenis video yang satu ini karena pembuatannya yang cukup mudah dan biaya yang cukup rendah.

Cara membuat video explainer

Modern quick tips composition with flat design Free Vector

Jika Anda ingin membuat video explainer untuk brand Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Membuat naskah

Inti dari sebuah video explainer adalah untuk menyampaikan pesan Anda kepada audiens yang tepat. Video pemasaran yang akan Anda buat harus mencakup cerita tentang konsumen potensial Anda dan bagaimana produk atau jasa yang Anda tawarkan dapat membantu menyelesaikan masalah mereka.

  • Storyboard

Langkah selanjutnya dari cara membuat video explainer adalah membuat storyboard. Sketsa ini menunjukkan gambaran seperti apa video yang akan Anda buat nanti. Karena itu, Anda harus memasukkan informasi seperti sudut kamera, karakter, dan elemen lainnya yang akan muncul dalam video Anda nanti.

  • Sulih suara

Agar cerita yang ingin Anda sampaikan dalam video dapat mencapai konsumen Anda dengan lebih maksimal, Anda memerlukan seorang ahli sulih suara. Kenapa? Karena seorang profesional dapat memahami nada yang tepat untuk meningkatkan koneksi emosional antara video dengan audiens Anda.

  • Ilustrasi

Karakter dan elemen visual yang membentuk storyboard akan dibuat oleh ilustrator profesional. Ketika sampai pada tahap proses ini, karakter animasi dalam video pemasaran Anda harus menyerupai audiens target Anda karena ini akan meningkatkan hubungan Anda dengan mereka, membuatnya mudah bagi mereka untuk mengidentifikasi diri mereka dengan Anda.

  • Animasi

Ini adalah tahap penting karena mengambil storyboard dan ilustrasi dan menempatkan elemen visual ke dalam tindakan. Semua ini dilakukan oleh animator profesional dan mereka dapat membantu membentuk karakter dalam video Anda.

Ini sejalan dengan langkah sebelumnya mengenai cara membuat video explainer di mana penting bagi audiens untuk berhubungan dengan Anda. Ketika membuat video pemasaran animasi, Anda harus memastikan bahwa perusahaan yang Anda pilih memiliki reputasi luar biasa dan dapat membuat animasi dengan kualitas terbaik.

  • Latar Suara dan Musik

Jika diperlukan, beberapa musik latar dan efek suara akan membantu menambah dimensi yang lebih dalam pada video Anda. Latar suara dan musik ini juga akan memastikan bahwa video Anda lebih menarik untuk ditonton.

Kesalahan dalam pembuatan video explainer

No means no concept illustrated Free Vector

Selain mengetahui cara membuat video explainer, Anda juga harus hati-hati tidak melakukan beberapa kesalahan berikut ini.

  • Durasi yang terlalu panjang

Jika Anda membuat video yang terlalu panjang, besar kemungkinannya pesan yang ingin Anda sampaikan hilang di tengah jalan. Hal ini tentunya bisa membuat penonton kehilangan minat untuk terus menonton video Anda.

  • Lupa dengan audiens target Anda

Saat mempraktikkan cara membuat video explainer, Anda harus konsisten untuk memberikan solusi pada masalah audiens Anda. Jika Anda terlalu fokus dalam menjelaskan produk atau jasa Anda, calon konsumen Anda mungkin akan pergi bahkan sebelum video Anda selesai diputar.

  • Video berkualitas rendah

Bukan hanya konsep dan desain video saja yang perlu diperhatikan. Anda juga harus memperhatikan kualitas video yang akan Anda gunakan. Animasi yang buruk justru akan memberikan kesan buruk bagi brand Anda.

  • Memilih untuk menggunakan desain template

Video template memang lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan karakter animasi yang telah dirancang sebelumnya. Namun, ini berarti bahwa video Anda tidak dirancang secara khusus untuk audiens Anda.

  • Memilih aktor sulih suara yang salah

Sudah umum bagi banyak bisnis untuk mencoba menghemat uang dengan mempekerjakan aktor suara yang bukan profesional. Jika mereka memiliki aksen atau bahasa yang berbeda maka dapat dianggap tidak profesional dan tentunya akan merusak citra merek Anda. Jadi pilihlah aktor suara asli yang profesional dan cocok untuk video Anda.

  • Membuat video explainer sendiri

Banyak orang berpikir bahwa membuat video adalah tugas yang mudah. Kenyataannya, Anda memerlukan tim profesional jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik. Membuat video explainer adalah tugas yang sangat rumit.

Anda harus memiliki pengetahuan yang kuat tentang video dan mendongeng. Jadi jangan mencoba membuatnya sendiri! Kesalahan seperti mencoba membuat skrip atau storyboard hanya akan membuang waktu Anda dan berakhir dengan video berkualitas buruk. Saran kami adalah menyewa perusahaan produksi video profesional dengan portofolio video animasi yang bagus. Jangan malu-malu! Hubungi kami dan kami dengan senang hati akan membantu Anda.

Share this post