Iklan Layanan Masyarakat, Ini Poin Penting Yang Harus Diperhatikan

Posted by: konsepnet Category: Artikel Comments: 0

Di era modern saat ini, kita bisa mendapatkan informasi apa pun dengan sangat mudah. Hal ini tentunya terbantu dengan hadirnya internet. Tapi bagaimana jika Anda berencana untuk membuat iklan layanan masyarakat? Selain memanfaatkan media internet untuk menyebarkannya, Anda juga bisa membuat iklan layanan masyarakat ini dengan cara-cara berikut ini.

  1. Pilih topik Anda. Pilih subjek yang penting bagi Anda, serta subjek yang dapat Anda visualisasikan. Pastikan agar Anda tetap fokus pada topik yang sudah Anda tentukan. Menggunakan lebih dari satu ide dapat membingungkan audiens Anda, jadi hanya gunakan satu ide atau topik saja untuk setiap iklan layanan masyarakat yang ingin Anda buat.
  2. Saatnya melakukan riset – Anda perlu tahu apa yang akan Anda kerjakan! Cobalah untuk mendapatkan fakta terbaru dan terkini tentang topik Anda. Statistik dan referensi dapat ditambahkan ke dalam iklan agar terlihat lebih meyakinkan dan akurat.
  3. Ingat, jaga pesan Anda tetap jelas dan sederhana, dan sesuaikan dengan audiens yang Anda tuju. Manfaatkan minat Anda, dan praktikkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan literasi Anda karena Anda akan menyebarkan topik sosial, ekonomi, dan politik yang mungkin dapat menyinggung pihak tertentu.
  4. Pertimbangkan audiens Anda. Apakah Anda menargetkan orang tua, remaja, guru atau kelompok sosial lainnya? Pertimbangkan kebutuhan audiens target Anda, preferensi, serta hal-hal yang mungkin dapat membuat mereka tidak tertarik dengan iklan layanan masyarakat yang Anda buat. Mereka adalah orang-orang yang ingin Anda ajak dalam iklan layanan masyarakat Anda.
  5. Raih perhatian audiens Anda. Anda mungkin menggunakan efek visual, respons emosional, humor, atau kejutan lainnya untuk menarik perhatian audiens target Anda. Namun, berhati-hatilah jika Anda menggunakan taktik menakut-nakuti. Topik yang menarik perhatian memang diperlukan, tapi jangan sembarangan dalam memilihnya.
  6. Buat naskah iklan layanan masyarakat Anda dalam beberapa bentuk pernyataan sederhana. Iklan berdurasi 30 detik biasanya membutuhkan sekitar 5 hingga 7 pernyataan singkat. Pastikan juga informasi yang disajikan dalam iklan Anda didasarkan pada penelitian terbaru, akurat, temuan dan / atau data.
  7. Buat storyboard yang dikembangkan dari naskah Anda.
  8. Mulailah melakukan syuting dan proses pengeditan iklan.
  9. Setelah iklan Anda selesai dibuat, jangan lupa untuk mendapatkan umpan balik dari audiens Anda.

Share this post